Macam-Macam Kebutuhan Manusia

     Manusia hidup selalu dihadapkan pada masalah kebutuhan dan keinginan atau pemuas kebutuhan. Kebutuhan merupakan suatu hal yang harus dipenuhi agar orang dapat bertahan hidup. Kebutuhan hidup manusia pada dasarnya tidak ada yang persis sama. Kebutuhan anak-anak dan orang dewasa berbeda. Kebutuhan anak balita dengan kebutuhan anak SMA berbeda, demikian juga kebutuhan antara anak sekolah dengan seorang kepala keluarga mestinya akan berbeda pula.
     Kebutuhan manusia dapat kita golongkan menjadi empat kelompok, yaitu kebutuhan yang terkait dengan masalah intensitas, waktu, sifat, subjek dan wujud.


1.    Kebutuhan menurut intensitas (penting atau tidaknya),  Kebutuhan ini dipandang dari urgensinya, atau mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Kebutuhan ini dikelompokkan menjadi empat yaitu kebutuhan mutlak, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
a. Kebuthan mutlak adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus di penuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan. Contohnya makan, minum, dan udara.
b.Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi jika menginginkan kehidupan yang layak. Contohnya makanan, minuman, pakaian, perumahan, kesehatan, dan pendidikan.
c. Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder bersifat relatif antara orang satu dan orang lain. Contohnya telepon genggam bagi golongan menengah ke atas merupakan kebutuhan primer tetapi bagi golongan menengah ke bawah merupakan kebutuhan sekunder.
d.Kebutuhan tersier adalah Merupakan kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini agak cenderung ke barang-barang mewah yang bertujuan untuk menunjukkan prestise atau status sosial di mata masyarakat. Contoh benda-benda yang dapat dikategorikan ke dalam kebutuhan tersier  adalah rumah mewah, kapal pesiar, lukisan pelukis yang diciptakan pelukis ternama, maupun berlian.
2.    Kebutuhan menurut waktunya
a. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat di tunda. Contohnya obat bagi orang yang sakit.
b.Kebutuhan masa yang akan dating adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di kemudian hari karena tidak mendesak. Contohnya menabung.
3.    Kebutuhan menurut sifatnya
a. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan  dengan jasmani. Contohnya olahraga dan istirahat
b.Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Contohnya beribadah dan rekreasi.
4.    Kebutuhan menurut subyeknya
a. Kebutuhan individual adalah kebutuhan perseorangan. Kebutuhan ini berbeda antara orang yang satu dan yang lain. Contohnya siswa membutuhkan alat tulis, sedangkan petani membutuhkan cangkul.
b.Keutuhan kolektif adalah kebutuhan bersama. Contohnya telepon umum dan rumah sakit.
5.    Kebutuhan menurut wujud
a. Kebutuhan material adalah kebutuhan akan hal-hal yang bersifat kebendaan yang dapat dilihat dan diraba. Contohnya kita berangkat bekerja menggunakan sepeda motor, sedangkan nelayan menggunakan perahu.
b.Kebutuhan jasa adalah kebutuhan manusia yang  tidak dapat dilihat fisiknya, tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Contohnya anda bekerja naik bus, anda diwajibkan membayar jasa sopir yang mengantar anda sampai tujuan.

"TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG"

Posting Komentar

0 Komentar