Perilaku Produsen dalam Kegiatan Ekonomi

Assalamu Alaikum Wr. WB.
      Dalam melakukan kegiatan ekonomi produse melakukan beberapa perilaku. antara lain :


1. Produsen adalah orang/lembabaga yang mempunyai peranan penting dalam proses produksi. Dalam proses produksi, faktor produksi memiliki hubungan yang sangat erat dengan produk yang dihasilkan.
2. Barang produksi merupakan output (keluaran) dari proses produksi yang sangat bergantung pada faktor produksi sebagai input (masukan). Semakin besar jumlah faktor produksi (input) yang masuk dalam proses produksi, semakin besar pula jumlah produk (output) yang dihasilkan.
3. Teori Produsen dan Fungsi Produksi
­Teori produsen merupakan teori yang membahas hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah faktor-faktor produksi dan hasil penjualan outputnya.
­Fungsi produksi merupakan suatu fungsi atau persamaan yang menunjukkan hubungan fisik antara jumlah faktor-faktor produksi yang dipergunakan dengan jumlah produk yang dihasilkan per satuan waktu, tanpa memperhatikan harga-harga, baik harga faktor-faktor produksi maupun harga produk.
­Dalam teori ekonomi, fungsi produksi diasumsikan tunduk pada suatu hukum yang disebut: The Law of Diminishing Returns (Hukum Kenaikan Hasil Berkurang; yang artinya apabila penggunaan satu macam input ditambah sedang input-input yang lain tetap maka tambahan output yang dihasilkan dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan tadi mula-mula naik, tetapi kemudian terus-menerus akan menurun jika input tersebut terus ditambahkan.
­Secara Matematis Hukum The Law of Diminishing Returns (Hukum Kenaikan Hasil Berkurang, adalah sebagai berikut.
Marginal Physical Product (MPP)
               
Keterangan:
TP adalah Total Product/Output Total
X adalah Input variable yang digunakan
­Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, adalah sebagai berikut.
1) Sumber daya alam, seperti tanah, air, hewan, dan tumbuhan;
2) Sumber daya manusia, seperti tingkat pendidikan, skill (keterampilan yang dimiliki oleh manusia tersebut);
3) Sumber daya modal;
4) Sumber daya pengusaha, seperti planning, organizing, controlling, dan actuating.

Posting Komentar

0 Komentar