Teori-Teori Tentang Proses Terjadinya Tata Surya

Assalamu Alaikum Wr. Wb.


Berikut ini adalah beberapa teori mengenai proses terjadinya tata surya.
1. Teori Kabut oleh Immanuel Kant
Teori ini mengungkapkan bahwa tata surya pada awalnya terdapat gumpalan kabut yang lama kelamaan di bagian tengahnya membentuk gumpalan gas yang kemudian membentuk matahari dan planet lainnya.
2. Teori Planetesimal oleh Thomas Chamberlin
Teori ini menjelaskan bahwa matahari telah ada pada awalnya, lalu ada bintang yang mendekat dan terjadilah penarikan massa matahari oleh bintang. Massa matahari yang terhambur inilah yang nantinya membentuk planet.
3. Teori Pasang Surut oleh Jeans dan Jefreys
Teori ini memiliki kesamaan dengan teori planetesimal, bedanya massa matahari yang tertarik bintang membentuk tonjolan dan membeku yang nantinya menjadi planet.
4. Teori Awan Debu oleh Weizsaeker dan Kniper
Teori ini menyatakan bahwa tata surya berasal dari gumpalan gas dan debu yang membentuk cakram di bagian tengah dan tipis di pinggirnya. Bagian tengah membentuk matahari (karena menekan sehingga panas dan pijar) sementara pinggirnya membentuk planet (karena berputar dengan cepat).
5. Teori Nebula oleh Laplace
Laplace menyatakan bahwa tata surya berasal dari gumpalan gas yang bersuhu tinggi dan berputar sangat cepat sehingga menyebabkan sebagian darinya terlempar dan membeku membentuk planet.
"TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG"

Posting Komentar

0 Komentar