Macam-Macam Program Studi Akuntansi

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

     Berdasarkan tujuannya, akutansi dapat dibedakan menjadi:

Akutansi keuangan
Akutansi keuangan (financial accounting) adalah bidang akutansi yang tujuan utamanya adalah mengelola data keuangan menjadi laporan keuangan, untuk di informasikan terutama dengan pihak diluar perusahaan.

Akutansi manajemen
Akutansi manajemen (management accounting) adalah bidang akutansi yang bertujuan menyediakan informasi untuk pihak manajemen perusahaan untuk  mendukung operasi sehari-hari dan untuk membuat
perencanaan dankebijakan untuk masa yang akan datng bidang akutansi inimembahas masalah masalah khusus yang bdihadapi para menejer dari berbagai jenjang organisasi tugas akutansi menejemen adalah menemukan alternative-alternatif tindakan dan memebantu memilih alternative yang terbaik.

Akutansi pemeriksaan

Akutansi pemeriksaan (auditing) adalah bidang akutansi yang berhubungan dengan pemeriksaan indenpenden terhadap catatan-catatan akutansi pendukung laporan keuangan perusahaan dan memberikan pendapat mengenai kelayakan dan keadaan laporan keuangan tersebut.

Akutansi biaya
Akutansi biaya (cost accounting) adalah bidang akutansi yang tujuan utamanya menyiapakan data yang diperlukan untuk penetapan dan pengendalian biaya. Lingkupnya biaya selama proses produksi dan harga pokok baranh yang sudah diproduksi.

Akutansi perpajakan
Akutansi perpajakan (tax accounting) adalah bidang akutansi yang tujuan utamanya menyiapkan laporan yang yang diperlukan untuk menetapkan pajak. Tugas akutan pajak adalah membantu dalam perencanaan pajak dan penytusunan surat penbeeri tahuan pajak (SPT).

Akutansi penganggaran
Akutansi penganggaran (budgeting) adalah bidang akutansi yang tujuan utamanya menyusun rencana keuangan untuk perode tertentu dimasa datang dan membandingkan hasil opersi dengan rencana yang telh ditetapkan.

Akutansi pemerintah
Akutansi pemerintah (government accounting) adalah akutansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintah.

Posting Komentar

0 Komentar